Senin, 06 Desember 2010

Irfan Belajar Lagu Indonesia Raya Lewat Ponsel


Di lapangan sepakbola, terkadang kadar nasionalisme seorang pemain tim nasional dinilai dari bisa tidaknya dia menyanyikan lagu kebangsaan negaranya. Bagaimana dengan Irfan Bachdim?
Sebagai pesepakbola blasteran Indonesia-Belanda, Irfan lahir tumbuh dan berkembang di "Negeri Kincir Angin". Ia juga merintis karir sepakbolanya di negara tersebut, bersama Ajax Amsterdam maupun FC Utrecht.

Namanya baru dikenal saat mulai bermain di Indonesian Super League (ISL) bersama Persema Malang musim ini. Dan poplaritasnya seketika melambung dan langsung menjadi idola baru fans Indonesia setelah tampil ciamik di dua laga Grup A Piala AFF.
Meski kini sudah mulai jadi publik figur, mungkin banyak orang bertanya kadar "keindonesiaan" Irfan. Pemuda 22 tahun itu mencoba menjawabnya dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya di AFF Suzuki Cup yang sedang berlangsung di Jakarta, sebelum kickoff pertandingan melawan Malaysia dan Laos.
Gerak bibirnya memperlihatkan bahwa dia fasih melafalkan teks lagu itu, meski diakui Irfan dirinya belum lancar betul berbahasa Indonesia.
"Berapa jam saya belajar lagu Indonesia Raya? Sekitar 2-3 jam," ucap Irfan setelah sedikit berpikir, saat ditanya wartawan usai mengikuti latihan tim di Lapangan C, Senayan, Jakarta, Senin (6/12/2010).
Lalu bagaimana cara Irfan melafalkan lagu ciptaan WR Supratman? Fasilitas pemutar musik di telepon genggamnya diakui sangat membantunya.
"Saya biasa melafalkan di kamar hotel. Kebetulan saya punya lagu Indonesia Raya di handphone saya," ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger Touch

Mobile Edition
By Blogger Touch